Curug Silawe, Air Terjun Sarang Laba-laba di Kaki Gunung Sumbing

0
176
Curug Silawe, salah satu destinasi wisata di Magelang, Jawa Tengah

Histourism – Selain Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah, ada juga Curug Silawe. Sebutan bagi air terjun yang memiliki ketinggian 60 meter ini karena seakan-akan bentuknya seperti lawe (dalam bahasa jawa) yang artinya sarang laba-laba.

Di bagian bawah air terjun ini terdapat sebuah kolam kecil yang terbentuk akibat hempasan air dari curug silawe. Di kolam tersebut, Anda dapat bermain air dengan aman karena tidak terlalu dalam. Letak curug ini ada di kaki Gunung Sumbing sebelah selatan atau di Dusun Kopeng Kulon, Sutopati, Kabupaten Kajoran.

Walau jalanan ke sana masih kurang bersahabat, tapi apa yang akan Anda dapatkan ketika sampai di curug ini sangat memuaskan. Jika belum puas, Anda juga bisa mengunjungi Ketep Pass yang terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan dan berada di jalur SSB (Solo Selo Borobudur).

Objek wisata Magelang ini menyuguhkan Anda pemandangan gunung dan bukit yang menakjubkan. Hamparan lahan pertanian, membuat tempat ini semakin menarik. Dari tempat tersebut, Anda bahkan dapat secara langsung menyaksikan luncuran awan panas gunung Merapi.

Sejumlah fasilitas ditempat wisata ini pun cukup menarik, di antaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, dan Pelataran Panca Arga. Spot paling populer yang di kalangan wisatawan adalah Gardu Pandang. Tersedia dua buah teropong, masing-masing di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga.

Dari Pelataran Panca Arga, Anda bahkan dapat menyaksikan lima gunung sekaligus, yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet, dan Sumbing.