Kelabba Maja, Grand Canyon di Pulau Sabu

0
180
Kelabba Maja di Nusa Tenggara Timur (NTT)

Histourism – Sudah tahu Grand Canyon di Amerika Serikat? Dunia mengaguminya, dan tentu Anda pun mengagumi lembah yang konon pernah kejatuhan pecahan meteor itu yang menyisakan lembah dan bentul alam yang sangat indah.

Grand canyon hampir di kenal di seluruh dunia dari film-film Holywood sampai ke kisah-kisah Old Sahterhand dan cowboy, serta para pioner yang pertama mendatangi negeri itu.

Kini, Grand canyon tidak sendiri. Tahun 1989 seorang turis Spanyol memperkenalkan foto-foto dari lembah Kelabba Maja ke dunia maya. Foto-foto itu menarik perhatian para geolog dan ilmuwan.

Di Jakarta lembah Kelabba Maja itu menjadi populer dalam satu komunitas pecinta alam. Semula banyak yang tidak percaya, karena Pulau Sabu tidak termasuk kawasan vulkanik yang bisa membentuk lembah dan menyisakan dinding tinggi yang indah begitu.

Ada pula yang mengatakan pecahan meteor serupa yang pernah jatuh dan membentuk lembah Grand Canyon pernah jatuh pula di Pulau Sabu meninggalkan lembah Kelebba Maja yang juga tak kalah indahnya. Bahkan lebih indah dari Grand Canyon bila Anda membandingkan foto-fotonya yang bisa diakses di internet.

Karena itu, orang Indonesia jangan keburu bangga bila sudah menyaksikan Grand Canyon. Datang lebih dulu ke Kelabba Maja di Liae, Pulau Sabu. Dari sini bila ditarik garis lurus ke selatan, langsung menyentuh Antartika, benua misteri berselimutkan salju itu.

Kagumi dulu Kelabba Maja yang menjadi balok di mata NTT dan Indonesia, sebelum Anda mengagumi kuman-kuman di Grand Canyon. Inilah aset pariwisata NTT yang belum dikenal, bahkan oleh orang NTT sendiri.